Daurah pengajaran bahasa arab

Daurah Pengajaran Bahasa Arab

Akhir pekan ini Sabtu 11 September 2022 Alhamdulillah Ma’had Al-Fatih Klaten mengadakan dauroh pengajaran Bahasa Arab yang dibawakan oleh Syaikh Dhou Abdul Karim dari Sudan.

Daurah kali ini bertempat di Masjid Al-Firdaus komplek PPM Al-Fatih Klaten dan Alhamdulillah dihadiri oleh 63 peserta dauroh, yang sebagian dari mereka berprofesi sebagai guru Bahasa Arab dan juga umat Islam secara umum.

Inti dari daurah kali ini adalah Syaikh menyampaikan bahwa bahasa Arab itu mudah.
Metode yang disampaikan oleh beliau dalam pengajaran Bahasa Arab adalah dengan pembiasaan pada lingkungan kita.

Misalnya dengan membiasakan anak-anak kita dirumah untuk mendengarkan bahasa Arab melalui film-film kartun berbahasa Arab.
Untuk mendapatkan film-film ini cukup mudah, kita bisa memanfaatkan YouTube untuk mencari film misalnya Upin Ipin bahasa Arab, film-film kartun Nabi dan lain sebagainya. Yang penting adalah bagaimana agar anak-anak dirumah terbiasa mendengarkan bahasa Arab melalui media apapun yang bisa kita dapatkan.

Inti dari bahasa adalah pembiasaan, makanya anak-anak di negara manapun pasti tanpa belajar maka mereka akan bisa berbicara bahasa mereka masing-masing, karena mereka terbiasa mendengarkan dari orang tua dan lingkungan mereka.

“Pelajarilah Bahasa Arab, karena ia merupakan bagian dari Agama Islam”.

Dari segi kultural, bahasa Arab sebenarnya sudah menjadi bagian dari sejarah Nusantara, sebab ulama-ulama Nusantara dulu pernah menjadi guru-guru besar dalam agama Islam.

Semoga setelah daurah ini kita mampu untuk mengadakan pembiasaan bahasa Arab dimulai dari rumah kita, sebab seharusnya bangsa Indonesia ini bisa menjadi sentral dalam penggunaan bahasa Arab karena 80% penduduknya adalah beragama Islam. Wallahua’lam bishowab

1 komentar untuk “Daurah pengajaran bahasa arab”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.